Invention Test – Bebek

Buat yang belom nonton, gih nonton dulu di bagian bawah post ini.

Begitu masuk MasterChef Gallery, semua contestants langsung dag dig dug. Di setiap station uda ada box gede.
Challenge hari ini adalah Mistery Box. Begitu dibuka ternyata isinya itu Lamb Chop, Keluwek, Tomat Merah, Jahe, Asparagus, Kacang Polong, sunkist, wortel, bumbu Italian campuran, balsamic Vinegar, Zucchini, and Mozzarella Cheese. Bahan Utamanya adalah Lamb Chop and semua bahan di dalem box mesti dipake SEMUA kecuali satu. Rata2 contestants ga pake keluwek karna bingung mo diapain. G juga bingung soalnya g ga tau keluwek itu apa. So, setelah nanya Mang Google, ternyata Keluwek itu dipakai sebagai bumbu yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu keluwek, brongkos, and sup Konro. Ternyata kalo mentah, biji keluwek tuh beracun banget soalnya mengandung cyanide (asam sianida). Wuihhh serem amet! and racun nya juga bisa dipake sebagai racun untuk mata panah. Keluwek aman diolah untuk makanan kalo uda direbus and direndam dulu. Ternyata ini yang diketok2 contestants pas bikin Bakso bakar Kuah Rawon, signature dish nya Chef Lucky. G kira pada ketok2 batu bikin api buat bakar bakso.🙂

Yang dipilih untuk dinilai cuma 8, padahal contestants nya ada 17. Lamb Chop Desi ga kepilih buat dicoba, padahal kaya nya enak🙂 Desi bikin Double-deckered Honey Glazed Lamb Chops with Sautéed Vegetables. Dua orang yang dipilih sebagai yang terbaik adalah Esach dengan Lamb Chop with Concasse and Widya yang masak Grilled Lamb Chop with Sautéed Vegimo and Balsamic Orange Sauce. Vegimo apaan yah? Vegetables kali? G barusan coba google, kluar nya Vegiemon dari Digimon! Haizzz Widya ngarang2 nama sendiri kali yah? Anyway, Widya dipuji karna bisa bikin sauce yang kental, tapi sayang nya sauce nya manis karna dia salah taro whipped cream instead of cream biasa!

Akhirnya masakan Esach yang dipilih sebagai dish terbaik.

Lamb Chop with Concase

I guess omelan Chef Juna kemaren bener2 berguna, buktinya Esach bisa menang challenge kali ini. Instead of giving up, Esach juga buktiin kalo dia pantang nyerah n bisa masak. Karena dia menang, Esach bole ke pantry untuk pantry pick. Dia bole milih antara Bebek Lokal, Tutut (Keong Sawah), and Rebung (Bamboo Shoot). Yang dipilih Esach adalah…….. Duck alias Bebek.

Esach dapet keuntungan buat milih bahan di pantry ditemenin Chef Juna and extra 5 menit buat masak.
Ada sebagian yang kecewa bahan utama nya Bebek, tapi ada sebagian yang lega kaya Desi. Contestants pada bingung masak bebek nya, soalnya tuh bebek ceking banget, banyakan tulang dibanding daging. Kalo bebek di Canada beda lagi, bebek sini banyakan lemaknya dibanding daging! Bebek Indo rajin2 sampe dagingnya ngirit and alot (tough), kalo bebek sini males banget, kerjanya makan and tidur sampe tuh lemak nutupin daging. Baru mulai masak, Chef Juna tau2 jerit “Oiii”, g kira kenapa, ternyata dia negur Opik yang lagi nge-las bebek nya pake Blow Torch di atas talenan plastik.

Setelah semuanya kelar masak, juri milih 10 dishes buat dicoba.
Beng: Fried Duck Wonton
Hani: Tumis Bebek Ubi Panggang dengan Kulit Krispi dan Saos Mayonnaise
Ken: Pineapple Duck Tortilla Salad
Vera: Lumpia Udang with Spicy Sauce
Dian: Pizza Bebek Suir Cabe Hijau
Yudi: Telur Iji Bebek dengan Garden Mashed Potato Cornell
Esach: Duck in Tortilla
ZeZe: Sup Bebek dengan Belimbing Wuluh
Adel: Bebek Suir Crispy
Desi: Spicy Black Pepper Duck and Shiitake Arancini

G bingung napa Esach cuma ngasi 2 tortillas padahal kan ada 3 juri. Untung Chef Marinka ngalah ma Chef Degan yang lebih tua and ambil yang bekas Chef Juna, tapi dia nyobain ujung satu lagi🙂
Menurut g diantara semua nya, yang paling menarik and pengen g coba tuh punya Desi and punya Hani. Pizza Dian juga lumayan menarik.
Masakan Hani kaya nya ribet soalnya bahan yang dipake banyak banget. Sekilas dish nya mirip Gado2 Desi tapi dia pake ubi and ada side dishes nya kaya Kulit Bebek and Onion Rings. They look really good. Well done, Hani!

Tumis Bebek Ubi Panggang dengan Kulit Krispi dan Saos Mayonnaise

Arancini Desi sebenernya ga complete soalnya dia ga goreng pake breadcrumbs, tapi tetep aja keliatan enak and presentasi nya bagus. Arancini itu aslinya Italian Rice Ball yang dibikin dari risotto and digoreng pake Bread Crumbs.

Spicy Black Pepper Duck and Shiitake Arancini

G salut sih ama Desi, slalu creative banget bikin makanan. Saking ngiler nya, g langsung coba bikin Italian Meatballs Arancini tapi lupa moto, jadi g colong poto di Internet yang mirip. Sekalian biar pada tau Arancini kalo pake bread crumbs jadinya kaya apa.

Italian Meatballs Arancini g jadinya kaya gini

G juga coba bikin Chicken and Mushroom Rice Balls, ga bisa dibilang Arancini soalnya ga g goreng and ga pake eggs and cheese. Karena males goreng, g bake di oven. Yang pengen coba and males goreng2, cobain deh ini. Tapi pake cheese and eggs juga biar enak. Kalo rajin sih mending digoreng soalnya rasanya jauh lebih enak.

Chicken and Mushroom Rice Balls

Pemenang Invention Test kali ini adalah……………….. DESI! So far uda ada 2 invention tests and Desi menangin dua2 nya. So proud of her!🙂

So far cuma Desi yang belom pernah masuk pressure test and dia yang paling banyak menangin dish terbaik (Gado2, Kijing, Bebek)  :)
Sayang last time Chef Juna ga ikut nyicipin Clam Patty nya soalnya dia mesti hadirin bikers event.
G of course support Desi karena kita keluarga. Tapi setelah liat dia di setiap episode, g makin kagum ama dia. G dari dulu emang uda kagum ma dia sih. She’s a born leader and selalu ngejarin impian dia walopun ditentang ato kliatan mustahil. Dari yang g denger, dia juga suka bagi2 ilmu sama contestants MasterChef yang laen sampe dipanggil Mommy.

Adel, ZeZe and Vera masuk ke pressure test karna ga menuhin standard ketiga juri. Ternyata si rebung dari pantry pick tadi ga dibuang and dijadiin bahan utama buat pressure test kali ini. Begitu g denger ZeZe bilang dia mo bikin dessert pake rebung, g langsung merinding and yakin dia pulang hari ini, and ternyata Chef Marinka juga ngomong yang sama! Chef Marinka saking bingungnya Rebung mo dijadiin dessert, dia langsung ngibrit. Chef Degan saranin ZeZe buat bikin vegetarian dish, and Chef Juna saranin buat bikin lumpia. Jelas aja juri2 nya semua kasi saran, pada serem disuru cobain tuh rebung. Tapi untunggg dia dengerin Chef Juna and bikin lumpia. Horeee, ZeZe ga jadi pulang deh  :)

Pas lagi motong Onion, ZeZe malah motong jari nya. Kliatannya lumayan gede lukanya soalnya darah nya keliatan banyak. ZeZe panik and takut masakannya ga kelar, tapi Chef Degan dengan sabar tenangin dia and bantu perban tangannya. Abis itu ZeZe lanjut masak lagi setelah di obatin and pake gloves.

ZeZe motong Onion beserta jari

Apa yah yang dipikirin ZeZe pas lagi diobatin Chef Degan?

Akhirnya setelah nyobain tiga2 nya, Lumpia ZeZe ternyata yang paling bagus and enak diantara semua nya. Rebung Ebi Vera sebenernya enak tapi keasinan and Rebung nya overwhelming karna isi dish nya cuma rebung and ebi. Adel dianggap ngulangin dish gado2 dia yang pake tortilla juga and dish nya dianggap terlalu kering.

Pas ditanya kenapa konsentrasi nya buyar, Adel bilang dia keinget anak nya yang minta dia pulang and akhirnya dia minta untuk pulang beneran. Tapi sebelomnya, dia minta ketiga MasterChef untuk tanda tangan kaos Rey anaknya. Ada sebagian orang yang marah karena Adel nyia2in kesempatan yang langka sedangkan banyak banget orang yang berusaha untuk ikut MasterChef, tapi ada juga sebagian yang kagum sama kerelaan Adel buat pulang demi anaknya.
Adel juga minta maaf and kasi alesan kenapa dia minta pulang. Yang di bawah ini diambil dari blog Adel.

Terima kasih kepada semua pihak yang membuat saya bisa berada di MasterChef Indonesia season 2. Khususnya Fremantle Media yang telah ‘menemukan’ saya saat mengikuti cooking class with chef Bara di Kota Baru Parahyangan Bandung beberapa waktu lalu. Kehangatan seluruh crew RCTI membuat suasana shooting menjadi begitu menyenangkan, ketiga orang juri chef master dengan sharing ilmunya, teman-teman kontestan senasib sepenanggungan yang berjuang untuk meraih gelar MasterChef Indonesia. Di dalam kompetisi atmosfir persaingan terasa begitu kuat tapi diluar itu kami semua adalah keluarga. Terima kasih juga untuk papa saya yang telah menemani Rey selama ditinggal karantina lebih dari sebulan, pimpinan kantor yang memberi ijin juga teman-teman ‘satu ruangan’ yang telah membantu tugas-tugas saya selama masa karantina.

Maaf diperuntukkan kepada pendukung saya baik teman dan semua orang yang telah ‘menjagokan’ saya. Sama sekali tidak ada maksud mengecilkan arti kompetisi tersebut karena jauh di dalam hati, saya ingin terus melaju berjuang disana namun nurani seorang ibu tak kuasa menolak permintaan pulang dari Reyhan. Dia kesulitan makan walau telah berusaha menyantap makanan yang dimasak oleh kakeknya, makan masakan katering jelas dia tidak mau dan order di rumah makan juga enggan. Alhasil berat badannya turun 4 kg selama ditinggal.

Menjadi bagian dari MasterChef tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, ini adalah sebuah kebanggaan dan hadiah terindah dari Allah SWT karena ketulusan saya selalu menyajikan makanan terbaik untuk Reyhan. Semoga keputusan pengunduran diri saya dapat dipahami dan menjadi maklum semua pihak yang merasa kecewa.

Rey and his signed shirt

Insyaallah, pengalaman di gallery masterchef menjadi jalan untuk membuka usaha di bidang kuliner. Hal ini membuat saya mengalihkan rencana membuka klinik kecantikan menjadi ‘warung’ vegetarian food. Semoga Allah SWT meridhoi, Amin….

Good luck Adel!

Adel

Di next episode bakal ada bintang tamu terkenal. Ada orang2 yang tebak kalo itu Chef Juna. Masa Chef Juna jd guest star di show dia sendiri?? o.O  Besides, I don’t think he would shake his bum on National TV!

Yang mo nonton, silahkan nonton disini. Credit goes to MsTwister26.

2 responses to “Invention Test – Bebek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s